Cara Mengatasi Windows Error Program Not Responding

Cara Mengatasi Windows Error Program Not Responding – Windows adalah salah satu sistem operasi perangkat komputer yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi tersebut merupakan sistem operasi terbesar dan paling populer di kalangan pengguna komputer disamping OSX dan Linux.

Walaupun sangat populer, bukan berarti Windows adalah sistem operasi yang sempurna. Masih banyak sekali permasalahan-permasalahan atau bug yang ditemukan pada sistem operasi racikan Microsoft tersebut. Oleh karena itu pihak Microsoft juga rutin meluncurkan update untuk memperbaiki masalah tersebut. Salah satu permasalahan yang kerap dikeluhkan oleh pengguna Windows adalah masalah error program not responding.

Advertisement

Masalah error program not responding ini biasa dijumpai di hampir semua versi Windows, mulai dari Windows XP sampai Windows yang paling baru, yakni Windows. Sebenarnya masalah tersebut bisa terjadi karena beberapa hal. Untuk lebih memperjelas pemahaman anda, berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah error program not responding.cara-mengatasi-windows-error-program-not-responding

Cara Mengatasi Windows Error Program Not Responding

  1. Spesifikasi komputer yang kurang mumpuni untuk menjalankan suatu program aplikasi
  2. Terlalu banyaknya program aplikasi yang sedang dijalankan
  3. Kapasitas harddsik yang terlalu penuh
  4. Malware atau virus yang menyerang sistem Windows itu sendiri
  5. dll.

Sebenarnya masih ada beberapa penyebab lain yang bisa mengakibatkan error program not responding, seperti rusaknya atau hilangnya sebagian file Windows atau aplikasi. Nah, jika anda kerap mengalami masalah tersebut, berikut tips bagaimana cara mengatasi Windows error program not responding.

  1. Pertama-tama silahkan buka aplikasi taks manager di komputer anda. Caranya bisa dengan klik kanan taks bar (bagian bawah), lalu pilih taks manager. Atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan
  2. Setelah aplikasi taks manager terbuka, langkah selanjutnya adalah pilih menu Aplication yang ada di sisi atas
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan program-program yang sedang anda jalankan
  4. Pilih program yang Not Responding, lalu tap tombol End Taks yang ada di bagian bawah
  5. Biasanya akan muncul pop up pemberitahuan bahwa aplikasi tidak merespon. Pilih saja End Now
  6. Program aplikasi yang not responding sudah dikeluarkan dan komputer bisa digunakan dengan normal kembali

Mudah bukan? Sebelum mengakhirinya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui bahwa saat anda melakukan end taks pada aplikasi yang not responding, berarti aplikasi tersebut dikeluarkan secara paksa dan semua file atau dokumen yang sedang anda kerjakan dalam aplikasi tersebut tidak akan tersimpan.

Akan tetapi jika cara tersebut masih belum mampu menghentikan masalah not responding pada aplikasi Windows, maka satu-satunya cara yang bisa anda lakukan adalah merestart atau mereboot komputer anda agar bisa digunakan secara normal kembali. Semoga sedikit info mengenai cara mengatasi Windows error program not responding ini bermanfaat.

Advertisement

Kata kunci pencarian:

joox jadi not responding,Solusi Mengatasi Program Windows Error,

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Windows Error Program Not Responding | Irfan Wahyu Permana | 4.5