Cara Merawat Kamera DSLR Supaya Awet dan Tidak Rusak

Cara merawat kamera DSLR dapat dikatakan gampang-gampang susah. Mengingat perawatan pada kamera ini harus dilakukan secara berkala dan harus penuh perhatian. Selain perawatan pada lensa, perawatan pada jenis kamera ini juga dilakukan pada seluruh komponennya. Berikut ini beberapa tips mengenai perawatan kamera DSLR yang mudah dilakukan;

cara-merawat-kamera-dslr

Hindar Kamera dari Air  pada Saat Digunakan

Meskipun saat ini banyak kamera yang diklaim tahan air atau debu, menjauhkan air pada kamera menjadi satu hal yang harus selalu Anda perhatikan. Kamera pada umumnya sangat sensitive terhadap air. Mengingat, air bisa saja masuk ke dalam kamera dan merusak komponen-komponen yang ada pada kamera DSLR Anda. Air juga bisa menimbulkan uap air (embun) pada lensa kamera. Hal ini tentu akan menimbulkan masa pemakaian lensa kamera menjadi pendek.

Menjaga Kebersihan Lensa

Lensa merupakan bagian sensitive dari kamera jenis DSLR. Untuk itu, menjaga lensa agar tetap bersih itu sangat diharuskan. Salah satu cara membersihkan lensa kamera adalah dengan menggunakan cleaning kit. Cleaning kit merupakan cairan pembersih khusus untuk lensa yang menjaga lensa dari debu dan jamur.

Gunakan Pelindung Layar LCD

Seringkali, para pengguna DSLR mengesampingkan keberadaan layar LCD pada kamera. Padahal layar LCD ini sangat sensitive terhadap debu, air, bahkan sidik jari pengguna. Oleh karena itu, menggunakan pelindung layar atau screen guard merupakan hal yang perlu dilakukan sebagai salah satu cara merawat kamera DSLR kesayangan Anda.

Pasang Filter pada Lensa Kamera

Banyak orang berfikir bahwa penggunaan filer atau UV Filter pada lensa kamera dapat mempengaruhi kualitas gambar yang diambil oleh lensa. Padahal UV Filter disini berguna untuk menjaga lensa dari dampak buruk sinar ultraviolet dari matahari dan debu serta kotoran. Kualitas gambar pun tidak akan berkurang dengan penggunaan UV Filter ini.

Merawat Baterai Kamera Secara Berkala

Umumnya, usia baterai kamera bertahan pada kisaran 500 kali siklus pengisian atau charging. Jika sudah melewati siklus pengisian, daya baterai akan menurun atau bahkan harus digantikan dengan yang baru.

Oleh karena itu, perawatan baterai sangat diperlukan untuk memperpanjang usia kamera. Salah satu caranya adalah dengan menjaga tempat penyimpanan baterai tidak bersuhu ekstream. Tidak lupa juga untuk mengisi baterai jika sudah tidak menggunakan kamera lagi.

Menggunakan Lens Hood

Pemakaian lens hood pada kamera DSLR tidak hanya membuatnya tampak keren. Lens hood juga berfungsi sebagai pelindung sensor kamera agar cahaya yang masuk pada saat pengambilan gambar tidak berlebihan. Cahaya yang masuk secara berlebihan dapat mempengaruhi kinerja sensor kamera itu sendiri.

Selain beberapa tips cara merawat kamera DSLR diatas, perawatan lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa kamera dengan tas khusus, menyimpan kamera yang tidak dipakai ke dalam dry box, membersihkan body kamera secara berkala, dan gunakan shoulder strap untuk mencegah kamera jatuh pada saat digunakan.

Demikian pembahasan tata cara merawat kamera yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

cara merawat kamera dslr,cara merawat camera dan lensa,tata cara merawat baterai camera dengan baik,
Loading...
Cara Merawat Kamera DSLR Supaya Awet dan Tidak Rusak | Yanti Adriyanti | 4.5