Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop / Komputer Lemot

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop / Komputer Lemot – Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna laptop ataupun komputer adalah lemot. Komputer atau laptop lemot sering menyebabkan pengguna merasa kesal karena mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Oleh karena itu tak sedikit orang yang ingin tahu cara mengatasi masalah komputer dan laptop lemot.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan komputer dan laptop menjadi lemot. Virus merupakan salah satu penyebabnya. Infeksi firus yang menyerang komputer ataupun laptop bisa menyebabkan masalah pada sistem sehingga kinerjanya menjadi terganggu. Virus seringkali membuat kinerja laptop menjadi berat. Oleh karenanya input yang diberikan pengguna akan lama direspon oleh komputer. Selain itu virus juga bisa menyebabkan masalah lain seperti rusaknya file dan hilangnya file atau data penting.

Selain karena virus, laptop atau komputer bisa menjadi lemot karena data yang tersimpat dalam harddisk sudah penuh. Untuk bisa menjalankan program dengan lancar, sebuah komputer memerlukan ruang yang cukup lega, baik pada RAM maupun harddisk.Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Komputer LemotHarddisk yang penuh disebabkan karena banyaknya data yang tersimpan dalam komputer. Selain biasanya juga bisa disebabkan karena file-file sampah yang tidak penting menumpuk. File-file sampah bisa berupa chache internet, bisa juga berupa data aplikasi yang tak terhapus sempurna saat diuninstall.Tak hanya itu saja, banyaknya program yang berjalan terutama pada start up juga bisa menyebabkan komputer menjadi lemot.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar komputer atau laptop anda tidak lemot. Pertama-tama bersihkan komputer dari virus menggunakan antivirus yang aman dan terpercaya. Setelah itu hapus semua file-file sampah yang ada dalam komputer. Untuk menghapusnya anda bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti cc cleaner.

Selain itu sebaiknya anda mematikan sistem update otomatis pada Windows karena hal tersebut akan membuat komputer anda menjadi lemot saat melakukan update secara berkala. Namun jika memang anda menginginkan untuk mendapatkan update Windows secara rutin, maka tak perlu untuk mematikan sistem update otomatis tersebut. Mudah bukan?

Loading...
Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop / Komputer Lemot | Irfan Wahyu Permana | 4.5