Resiko dan Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu

Resiko dan Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu – Bagi anda yang sudah lama menggunakan perangkat Android pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya root. Ya, root sendiri merupakan suatu proses yang dilakukan agar pengguna Android bisa mendapatkan kontrol dan akses penuh terhadap perangkat yang ia gunakan.

Jadi dengan melakukan root, kita bisa melakukan apapun terhadap perangkat Android yang kita miliki mulai dari menambahkan fitur di dalamnya sampai dengan memodifikasi tampilan. Namun hal tersebut bukan tanpa resiko sama sekali. Justru root ini sangat berbahaya, utamanya bagi para pengguna Android pemula. Oleh sebab itu produsen smartphone tidak membuka akses root karena dikawatirkan justru akan merusak sistem Android itu sendiri.

Root bisa diibaratkan sebagai pisau bermata dua, karena bisa memaksimalkan kinerja perangkat Android apabila digunakan dengan tepat, dan bisa juga merusak perangkat Android apabila digunakan sembarangan. Sebagai upaya antisipasi, ada beberapa hal mengenai resiko dan kerugian root Android yang wajib anda ketahui.Resiko dan Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu

Kerugian Root Android

1. Menghilangkan Garansi

Beberapa produsen smartphone mengeluarkan kebijakan terkait garansi produknya. Mayoritas produsen smartphone Android akan menghanguskan garansi saat produk yang diklaim sudah dalam keadaan root. Produsen menganggap bahwa kerusakan yang terjadi akibat root merupakan tanggungjawab dari pengguna itu sendiri. Jadi sebaiknya anda tidak melakukan root saat smartphone masih dalam keadaan garansi, kecuali anda sudah siap dengan semua resikonya.

2. Rentan Virus atau Malware

Root sendiri bisa diibaratkan sebagai membuka gerbang sebuah pintu. Saat pintu terbuka, tak hanya pengguna saja yang bisa masuk ke sistem dengan mudah, namun malware atau virus juga akan lebih mudah masuk dan menyerang sistem. Jadi bagi anda yang tak ingin smartphone Androidnya mudah terserang virus, sebaiknya hindari root. Biasanya virus masuk ke Android melalui jalan aplikasi yang tidak trusted.

3. Merusak Sistem

Bagi anda pengguna Android pemula yang ingin mencoba root sebaiknya berhati-hati. Pasalnya jika root tersebut gagal atau tidak berhasil 100 persen, justru akan merusak sistem Android itu sendiri, sehingga menyebabkan smartphone mengalami berbagai masalah seperti bootloop atau bahkan mati total.

4. Menurunnya Performa

Perlu anda ketahui bahwa smartphone yang sudah diroot lama kelamaan performanya akan menurun. Hal tersebut disebabkan karena kinerja smartphone yang terus-terusan dipaksa melebihan batas kemampuannya. Bukan mustahil smartphone yang diroot akan menjadi lebih cepat rusak dibanding dengan smartphone Android yang tidak diroot. Oleh sebab itu pikirkan baik-baik resiko sebelum anda memutuskan untuk root Android.

Bagaimana? Dengan adanya informasi mengenai Resiko Root Android tadi anda menjadi tahu dan lebih waspada saat hendak melakukan root bukan? Anda bisa melakukan root jika memang itu benar-benar diperlukan. Setelah root selesai anda bisa melakukan unroot untuk mengembalikannya seperti semua. Semoga bermanfaat.

Kata kunci pencarian:

kerugian root,
Loading...
Resiko dan Kerugian Root Android yang Wajib Anda Tahu | Irfan Wahyu Permana | 4.5