Tips Aman Nonton Youtube Buat Anak-anak Di Rumah

Tips aman nonton YouTube buat anak-anak saat ini memang menjadi perhatian besar bagi para orangtua dirumah. Jika anak-anak dahulu banyak menghabiskan waktunya bermain di tanah lapang, bersama teman dengan permainan-permainan sederhana, hal ini berbeda dengan anak-anak zaman sekarang yang begitu dimudahkan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu kegiatan yang saat ini seakan menjadi rutinitas umum anak-anak adalah menonton siaran YouTube.

Alih-alih menjaga anak dari pergaulan luar dan kejahatan penculikan, anak-anak saat ini banyak bermain di dalam rumah dan terpaku pada siaran YouTube yang terus menyala. Memang, hal tersebut tidaklah salah, namun para orangtua tidak sadar bahwa ada sisi gelap dari siaran YouTube yang ditonton oleh anak-anak.

tips-aman-nonton-youtube-buat-anak-anak

Sisi gelap yang disebabkan oleh siaran YouTube ini sangatlah banyak, salah satunya adalah konten yang tidak senonoh. Tentu, dampak konten yang tidak seharusnya untuk anak ini sangatlah berbahaya.

Tumbuh kembang anak, terutama anak dibawah umur sangat dipengaruhi apa yang ia lihat, dengar, dan pelajari. Apa yang dilihat, dipelajari, dan didengar oleh anak-anak ini akan tersimpan kedalam memori otak yang tentu saja mempengaruhi stimulasi perkembangan cara berfikir.

Melihat dampak buruknya siaran Youtube pada anak, tentu para orangtua saat ini harus mulai waspada dan berfikir dua kali untuk membiarkan anak menonton YouTube seharian. Untuk itu, berikut tips aman nonton YouTube buat anak-anak dirumah;

Mengatur account YouTube keluarga. Seperti yang sudah banyak diketahui, aplikasi YouTube saat ini otomatis terhubung dengan alamat email yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini memungkinkan berbagai informasi dari Youtube akan langsung tersambung pada akun email yang telah didaftarkan. Untuk itu, para orangtua bisa membuat account YouTube bersama dengan email yang bisa diawasi setiap saat.

Aktifkan Mode Keselamatan pada YouTube. Dengan mengaktifkan Mode Keselamatan pada account YouTube ini akan membantu para orangtua untuk membatasi konten yang dilarang untuk ditonton oleh anak. Mode Keselamatan ini dapat memblokir sebagian besar konten terlarang. Namun, bukan berarti konten terlarang dapat diblokir secara keseluruhan.

Membuat Daftar Putar atau Playlist. Hal paling mudah untuk membatasi tontonan anak pada siaran YouTube adalah membuat Playlist pribadi. Hal ini dapat Anda lakukan untuk mengontrol tontonan anak.

Buat playlist tontonan kegemaran anak yang mengedukasi, bermanfaat, dan tidak berbau pornografi untuk anak. Dengan hal ini, secara langsung Anda bisa mengawasi tontonan yang baik untuk anak.

Itulah beberapa tips aman nonton Youtube buat anak-anak di rumah. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Tips Aman Nonton Youtube Buat Anak-anak Di Rumah | Yanti Adriyanti | 4.5